India menjadi salah satu negara yang terkenal di Asia maupun Eropa. Negeri yang identik dengan Bollywood ini memiliki budaya dan tradisi yang cukup unik, meskipun saat ini tengah digempur dengan masuknya budaya Barat yang semakin menggeser budaya lokal disana. Meski begitu, geliat budaya asli dari India masih terjaga dengan baik oleh penduduk lokal yang memang masih mewarisi adat turun-temurun.

Banyak hal yang mewarnai India, termasuk dua sisi kehidupan di negara ini yang mirip seperti sisi mata uang meski dalam satu bagian yang sama. Bagi warga negara lain, India sering memunculkan kemajuan budaya modern dengan berkembangnya interfensi Barat disana. Namun, disisi lain India juga dihadapkan dengan kenyataan kemiskinan bagi sebagian penduduknya. Nah, seperti apa keunikan negara yang satu ini? Berikut infonya untuk anda!

Udara Paling Tercemar

udara paling tercemar

Ibu kota India yang terletak di kota New Delhi ternyata diklaim memiliki kualitas udara yang paling buruk di negara tersebut. Kota New Delhi memang menjadi kota paling sibuk di India dengan jumlah penduduk terpadat di negara ini. Apalagi tingkat kepemilikan kendaraan bermotor di kota tersebut sangatlah tinggi, sehingga wajar jika kemudian kualitas udara disini sangat buruk bahkan diklaim paling tercemar di India.

Tempat Terbasah di Dunia

Cherrapunji menjadi kawasan di India yang paling terkenal karena merupakan tempat terbasah yang ada di muka bumi. Kawasan Cherrapunji juga diupayakan menjadi destinasi wisata di India untuk banyak menarik wisatawan. Curah hujan di wilayah ini sekitar 463,66 inci, yang membuatnya hampir selalu dalam keadaan basah. Padahal, salah satu tempat di Hawaii yang dinilai memiliki curah hujan tertinggi yaitu Gunung Waialeae hanya bercurah hujan sekitar 450 inci setiap tahunnya.

Konsumsi Wiski Terbesar

konsumsi wiski terbesar

Mayoritas penduduk di India beragama Hindu sekte, namun tidak menutup kemungkinan banyak diantara mereka yang mengonsumsi minuman Wiski. Ya, berdasarkan survei yang dilakukan Quarts, setidaknya setengah dari produksi wiski di dunia habis dikonsumsi oleh masyarakat India. India tercatat mengonsumsi sekitar 1,2 miliar liter wiski (data tahun 2012).

Ekspor Rambut Senilai Lebih 415 Juta Dolar

Bagi kebanyakan orang, mendengat rambut sebagai komoditas ekspor tentu merupakan hal yang cukup aneh. Namun, inilah fakta yang terjadi di India. Menurut survei dari The Economic Times, negara ini justru mengekspor rambut yang nilainya lebih dari 415 Juta Dolar setiap tahun.

Biasanya, rambut ini dikirim ke berbagai negara sebagai bahan baku pembuatan wig maupun hair extension. Rambut diperoleh dari para jamaah kuil yang mempersembahkan rambut mereka sebagai sumbangan, terutama bagi mereka yang tidak mampu menyuguhkan persembahan spiritual berupa uang.

Luas Gurun Sama Dengan Tiga Kali Luas Inggris

luas```` gurun

Degradasi lahan secara besar-besaran di India terjadi karena curah hujan yang sangat tinggi. Sekitar 81 juta Hektar tanah di India berubah menjadi gurun yang tandus serta mengakibatkan 25 persen daratan India menjadi gurun dalam beberapa puluh tahun terakhir.

Jumlah tersebut ternyata setara dengan tiga kali luas Kerajaan Inggris lho! Masalah ini pula yang sekiranya menjadi pemikiran pemerintah setempat tentang ketahanan pangan di negara tersebut.

Jaringan Jalan India Sama Dengan 117 Kali Kelilingi Bumi

Panjang jaringan jalan yang ada di India cukup rumit dan sangat panjang. Bila dihitung, panjang total jaringan jalan ini mencapai 4,7 juta kilometer. Bila dibandingkan dengan keliling planet bumi yang sekitar 40.075 kilometer, ditemukan fakta bahwa menempuh perjalanan melewati jaringan jalan di India sama artinya dengan berkeliling planet bumi sebanyak 117 kali. Wow!

Demikian artikel informatif tentang keunikan yang ada di negara India sebagai bahan referensi anda. Semoga bermanfaat!

Share this post:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •